Tentang Kami

KOMISI KEADILAN, PERDAMAIAN DAN
PASTORAL MIGRAN PERANTAU
Commission for Justice, Peace and Pastoral for Migrant-Itinerant People

Alamat Sekretariat: Jl. Cikini II No. 10, Jakarta 10330
Telephone (021) 314 6026 dan (021) 315 8070
Fax (021) 314 6026
Email: kkp-pmp@kawali.org
Staf Pelaksana Harian: Theresia Avila Dining

Sekilas tentang KKP-PMP KWI

Komisi Keadilan, Perdamaian dan Pastoral Migran Perantau (KKP-PMP) merupakan salah satu organ dari Konferensi Waligereja Indonesia yang bergerak pada upaya-upaya penanaman nilai-nilai keadilan dan perdamaian. Oleh karena itu, KKP-PMP sebagaimana tertuang dalam Direktorium KWI pasal 65 mempunyai tujuan dan fungsi sebagai berikut:

  1. Tujuan:
  1. Membantu Waligereja dalam melaksanakan pendidikan kesadaran dan tanggung jawab umat Katolik dalam hal keadilan dan perdamaian.

  2. Membantu Waligereja dalam mengembangkan sikap cinta akan keadilan dan perdamaian di kalangan umat Katolik agar tergerak untuk melakukan refleksi dan aktif berperan dalam usaha-usaha mempromosikan keadilan dan perdamaian ditengah dan bersama masyarakat.

  3. Membantu Waligereja dalam menjiwai dan mendukung secara aktif upaya-upaya penyediaan dan pengembangan pelayanan pastoral bagi mereka yang terlibat dalam mobilitas manusia

  1. Fungsi:

  1. Memberi masukan, informasi dan saran yang berorientasi pada pengembangan karya keadilan dan perdamaian kepada KWI

  2. Menampung, mengolah dan menyalurkan kepada KWI aspirasi/inspirasi dari berbagai pihak, khususnya dari keuskupan, tarekat/kongergasi dan organisasi Katolik, agar para Waligereja semakin mampu dan bersedia memberikan pedoman, pengarahan serta dukungan terhadap kegiatan-kegiatan pengembangan keadilan dan perdamaian

  3. Menjadi fasilitator, animator dan dinamisator dalam kerja sama dengan lembaga gerejawi dan non-gerejawi, guna menumbuhkembangkan gerakan-gerakan keadilan, perdamaian dan pelayanan migrant, perantau ditengah umat dan masyarakat.

Seiring kemajuan dan perkembangan zaman yang semakin pesat, persoalan ketidakadilan dan migran juga terus meningkat. Lewat komisi ini, Gereja ingin mewartakan pewartaan Kabar Gembira lewat sosialisasi, animasi dan pelatihan-pelatihan kepada umat dan masyarakat sehingga budaya adil –damai sungguh nyata dalam kehidupan sehari-hari.